Rabu, 29 Juni 2011

Munculnya Sejarah

Umat manusia sudah berada di Bumi sejak setengah juta tahun yang lalu. Tulang-tulang Australopithecus (mahluk mirip kera yang dipercaya para ilmuwan sebaga nenek moyang manusia) yang telah ditemukan berasal dari 4 juta tahun yang lalu. Juga terdapat bukti bahwa 30.000 tahun yang lalu umat manusia sudah membuat peralatan dan hidup berkelompok di semua benua yang ada di Bumi.
Jadi, jika umat manusia sudah berada di Bumi selama ribuan abad, bagaimana dan dimana sejarah dimulai? Munculnya sejarah mungkin terjadi secara terpisahdi semua bagian duniayang dihuni manusia. Sejarah diawali dengan adanya komunikasi lisan, dan pada gilirannya ini memunculkan kisah-kisah. Para pendongeng mengingat-ingat dan menceritakan kembali kisah-kisah yang telah terjadi di masa lalu. Dengan cara inilah, mitos-mitos dan legenda mengenai kebudayaan kebudayaan di dunia dilahirkan.
Banyak dari kisah-kisah masa lampau ini yang hilang, namun sebagian lagi tetap hidup dan secara bertahap mengalami perubahan menjadi legenda-legenda kuno yang masih diingat saat ini. Kemunculan sejarah adalah ketika legenda-legenda ini disampaikan pertama kali dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar